Penjelasan Statistik Permainan Pemain.
- Apps : Appeareances
Appear (muncul/tampil). Jumlah match seberapa banyak pemain dimainkan masuk kelapangan, bukan di bangku cadangan, meskipun jika si pemain hanya bermain 10 detik, ia tetap dihitung telah memainkan satu match.
- PoM : Player of the Match.
Jumlah penghargaan pemain terbaik yang diperoleh oleh pemain. Biasanya dihitung dari jumlah musim berjalan.
- Yel : Yellow Card.
Jumlah kartu kuning yang diperoleh pemain.
- Red : Red Card.
Jumlah kartu merah yang diperoleh pemain
- Av R : Average Rating.
Rata-rata rating atau nilaiperforma yang diperoleh pemain.
- PaA : Pass Attempts.
Pass=operan, Attempt=percobaan. Jadi maksudnya seberapa banyak si pemain telah melakukan percobaan passing, tetap dihitung meskipun passing nya gagal.
- PaC : Pass Completed.
Pass=operan, Completed=berhasil. Jadi dari sekian banyak passing, ini hanya dihitung yang berhasil sampai ke kaki teman. Yang gagal sampai ke kaki teman tidak dihitung.
- Pas% : Pass completed ratio.
Jumlah persentase passing yang berhasil dari total keseluruhan percobaan passing.
- Key : Key Passes.
Key=kunci, maksudnya Passing kunci (krusial) yang mengarah kepada peluang gol. Jika dari sebuah passing, lalu si penerima bola-nya melakukan percobaan tembakan ke gawang, maka dihitung key passing.
- Ass : Assist.
Udah cukup jelas lah ya. Intinya umpan yang berhasil dijadikan Gol.
- SHTaR : Shoot on target ratio.
Jumlah persentase shoot yang mengarah ke gawang dibanding dengan seluruh percobaan shoot.
- Gls : Goals.
Udah cukup jelas lah ya. Intinya seberapa nama si pemain tercatat sebagai pencetak Gol.
- xG : expexted Goals.
Jumlah harapan gol, ukuran seberapa mungkin shot menjadi sebuah gol. bisa juga dibilang kualitas peluang/shoot. semakin besar berarti pemain/tim tersebut banyak melakukan tembakan berkualitas, dilihat juga dari peluang yang ada. xG tidak menggambarkan jumlah gol. lebih lengkap bisa dibaca di sini
- Pen : Penalties.
Seberapa banyak pemain melakukan tendangan penalti. jika ditulis 9(5) artinya dari nendang 9 kali, yang masuk cuma 5 kali.
- TaA : Tackle Attempts.
Attempt=percobaan. Maksudnya seberapa banyak usaha tackling yang dilakukan oleh seorang pemain, meskipun ia tidak berhasil merebut bola.
- TaW : Tackle Won.
Won=menang. Maksudnya seberapa banyak jumlah tackling seorang pemain yang berhasil merebut bola.
- TckR : Tackle won ratio.
Jumlah persentase tackling yang berhasil.
- Int : Intercept. (bisa juga; itc)
intercept=memotong jalur. Intinya jumlah keberhasilan dalam merebut bola dengan cara memotong aliran bola, bukan merebut dari kaki lawan (tackling).
- HeA : Heading Attempt.
Heading=sundulan. Attempt=percobaan. Maksudnya seberapa banyak upaya pemain untuk melakukan sundulan.
- HeW : Heading Won. (bisa juga Hwn)
Heading=sundulan. Won=menang. Seberapa banyak sundulan yang berhasil diambil. Tidak peduli kemana arahnya. Karena sundulan sering terjadi berupa perebutan bola, maka jika bola berhasil mengarah ke kepala pemain, itu dianggap sundulan yang berhasil dimenangkan.
- Hwn R : Heading Won Ratio.
Perbandingan jumlah sundulan berhasil dibanding keseluruhan heading.
- CrA : Crossing Attempt.
Crossing=umpan silang. Attempt=percobaan. Seberapa banyak si pemain melakukan umpan dengan cara mengangkat bola ke udara.
- CrC : Crossing Completed.
Crossing=umpan silang. Completed=berhasil. Dari sekian banyak crossing yang dilakukan, dihitung ada berapa yang berhasil sampai ke teman, baik ke bagian kepala ataupun kaki teman. Crossing dihitung berhasil jika si penerima mampu mengontrol bola setelah mendapatkannya, atau langsung melanjutkannya (passing/shot). Jika sebuah umpan crossing langsung diolah menjadi gol, maka bisa dihitung juga sebagai assist.
- Dri : Dribbles. (bisa juga;drb)
Dribble=menggiring bola. Memindahkan bola dengan cara digiring (bola ikut bergerak bersama pemain). Dihitung seberapa banyak usaha seorang pemain untuk menggiring bola. Biasanya akan ada statistik tambahan berupa berapa banyak jarak pemain dalam menggiring bola (meter).
- Fouls : Fouls made. (bisa juga; fou)
Jumlah pelanggaran yang dilakukan. jika ditulis 6(2) artinya 6 kali pelanggaran, termasuk dua kali offside.
- Off : Offside.
Jumlah pemain terkena perangkap offside. terkadang ikut dihitung sebagai pelanggaran.
- Foul Ag : Fouled againts. (bisa juga; fld)
Jumlah berapa kali si pemain dilanggar atau target tackle.
Untuk Kiper
- All : Allowed
Jumlah berapa kali gawangnya kebobolan. kadang juga digunakan istilah conceded.
- Sho : Shootout bisa juga disebut Clean sheet
Jumlah match dimana si pemain tidak kebobolan sepanjang permainan. Jika si kiper diganti lalu timnya kebobolan, maka kiper dapat cleansheet secara individu sedangkan timnya tidak. Babak adu penalti tidak dihitung dalam perhitungan cleansheet.
- Clear : Clearance
Jumlah berapa kali si kiper melakukan clearance, mengamankan bola tapi bukan posisi menahan shoot. yakni memotong operan, memblok crossing, menangkap bola dari dribbling musuh, dsb.
- SvT : Save Tipped
Jumlah berapa kali si kiper melakukan penyelamatan bola dengan ujung tangan (tip), bola berbelok tipis namun tidak sampai berubah arah.
- SvP : Save Parried
Jumlah berapa kali si kiper melakukan penyelamatan bola, dengan cara menangkis bola. bola belok dan berubah arah.
- SvH : Save Held
Jumlah berapa kali si kiper melakukan penyelamatan bola, dengan cara bola ditangkap.
Posting Komentar
Posting Komentar